Menu

4 Jurusan Teknik Mesin

September 8, 2018 - Pengetahuan, Services, Teknik Mesin
4 Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin ternyata sangatlah luas cakupannya. Banyak yang dipelajari dan tidak hanya soal mesin saja. Tapi tenang saja, secara umum jurusan teknik mesin dibagi ke empat penjurusan atau konsentrasi yang bisa membantu untuk mempelajari ilmu ini.
• Perancangan Mesin
Kalau jurusan atau konsentrasi satu ini tentu saja akan lebih berurusan sebelum memproduksi barangnya. Mahasiswa yang menekuni konsentrasi ini dituntut untuk mampu merancang produk. Merancang di sini tidak sekadar idenya saja lho, namun mahasiswa juga harus membuat rancangannya dalam bentuk model 2D maupun 3D. Ukurannya pun tidak sembarangan, kita juga harus merancang dalam bentuk aslinya agar bisa mensimulasi alat tersebut dengan utuh.

Untuk model 2D, ada aturan-aturan tertentu yang harus diikuti lo, jadi tidak bisa sembarangan gambar. Aturan-aturan tersebut bukannya tanpa tujuan, tapi aturan ada supaya format 2D bisa sesuai standar dan dimengerti para pihak yang akan membuat produknya.

4 Jurusan Teknik Mesin• Teknik Produksi Mesin
Kosentrasi atau penjurusan satu ini tentu saja berkaitan dengan produksi mesin atau manufaktur. Tidak hanya dibagian produksi saja, namun juga bagian kontrol kualitas, otomasi sitem, robotika, dan hal-hal lainnya. Jadi bisa dibayangkan kalau konsentrasi satu ini akan berhubungan dengan mesin-mesin pabrik. Biasanya mahasiswa akan berjibaku dengan mesin-mesing yang memproses bahan mentah menjadi suatu produk yang diinginkan.

• Ilmu dan Teknologi Material
Nah, konsentrasi yang satu ini akan khusus mempelajari tentang material atau bahan yang bisa digunakan dalam perancangan produk tertentu. Setiap mesin atau produk membutuhkan material tertentu yang bisa disesuaikan dengan kinerja mesinnya. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena tanpa material yang tepat, sebuah produk tidak akan sempurna diproduksi.

Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengembangkan material baru yang dirasa lebih cocok untuk suatu bagian mesin. Untuk bisa mempelajari dan mengerjakan konsentrasi ini, mahasiswa harus mempunya pengetahuan kimia yang cukup, sehingga dapat bereksperimen dengan bahan-bahan kimia yang ada tanpa melakukan kesalahan.

4 Jurusan Teknik Mesin• Konversi Energi
Konsentrasi satu ini mempelajari tentang perubahan atau proses merubah satu energi ke bentuk energi lainnya. Dalam teknik mesin, hal ini sangat penting karena pada dasarnya mesin-mesin yang diproduksi akan merubah suatu bentuk energi ke bentuk lainnya.

Pada konsentrasi ini mahasiswa akan mempelajari setiap kemungkinan perubahan energi yang akan dihasilkan mesin produksi. Berkaitan dengan hal ini, maka mahasiswa akan belajar ilmu fisika lebih dalam agar dapat mengerti tentang konversi energy.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan dengan apa yang akan dipelajari di jurusan teknik mesin? Dengan bantuan konsentrasi atau penjurusan tersebut, mahasiswa dapat memfokuskan diri ke bidang yang diminati diantara cakupan ilmu yang sangat luas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *