Menu

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Mesin

July 4, 2018 - Media, Pengetahuan, Services, Teknik Mesin

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik MesinnMungkin hal inilah yang seringkali ditanyakan para calon mahasiswa yang sedang bingung memilih jurusan di universitas, apa sih yang dipelajari di jurusan teknik mesin? Yang terbayang pasti setiap hari berjibaku dengan mesin, oli, obeng. Eits, jangan salah banyak hal yang bisa dipelajari dengan kuliah di jurusan ini lho.
• Perbengkelan
Memang tidak salah jika banyak yang mengira jurusan teknik mesin pasti berhubungan dengan bengkel. Namun jangan dibayangkan seperti bengkel-bengkel sepeda motor atau mobil di pinggir jalan ya. Mahasiswa di jurusan ini tentu saja akan dibekali ilmu yang berhubungan dengan oli atau cara membongkar mesin, tapi belum tentu lulusannya akan bekerja di bengkel.

Yang perlu dipahami adalah cakupan jurusan teknik mesin yang cukup luas, tidak hanya berhenti pada permesinan otomotif saja. Para mahasiswa tentu akan belajar bidang otomotif juga sebagai bagian dari ilmu teknik mesin. Namun ada banyak hal lainnya yang harus dipelajari seperti otomasi industri, mekatronika, robotika, dan teknik material.

• Ilmu Fisika
Yang pasti akan dipelajari di jurusan teknik mesin adalah ilmu fisika. Ya, ilmu fisika yang dipelajari di teknik mesin akan diterapkan dalam suatu alat sehingga dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk pembuatan alat saja, namun prinsip fisika juga akan diterapkan dalam pengembangan, analisis, pemeliharaan, dan juga desainnya.

Ilmu fisika tidak hanya akan dipelajari dasarnya saja, tapi juga secara mendalam. Misalnya, adala mata kuliah khusus yang mempelajari kinematika dan dinamika, ada juga yang khusus mempelajari tentang termodinamika. Jadi ilmu fisika memang didalami di jurusan ini, bagi mahasiswa yang suka dengan ilmu satu ini, memang sangat disarankan untuk berkuliah di jurusan teknik mesin agar tahu cara pengaplikasian ilmunya.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Mesin

Matematika dan Kimia Dasar
Dua ilmu ini memang berhubungan erat dengan fisika. Ya, matematika dan kimi dasar juga akan dipelajari di teknik mesin. Matematika tentu saja gunanya untuk menghitung, karena dalam ilmu fisikapun dibutuhkan hitungan ang akurat. Ilmu matematika seperti kalkulus dan aljabar pasti harus dipelajari mahasiswa teknik mesin agar penghitungan di mata kuliah lainnya lebih akurat.

Sedangkan kimia dasar diperlukan karena mesin-mesin yang bekerja juga tidak leas dari bahan-bahan kimia, baik dalam pembuatan, pengoperasian, ataupun dalam pemeliharannya. Mahasiswa teknik mesin harus mempunyai ilmu kimia yang cukup juga untuk menunjang mata kuliah yang lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau jurusan teknik mesin itu tidak sekedar bermain dengan mesin saja. Banyak hal yang bisa diambil dan yang pastinya bermanfaat, tidak hanya di dalam dunia kerja tapi juga bisa untuk membantu sesama. Masih bingung? Daftar saja ke situs judi online pasti tidak akan bingung lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *